Jumat, 20 September 2013

Library is My Another Place to Hide

"Library is my another place to hide"

Teringat saat duduk di bangku sekolah dasar, sepulang sekolah, saya dan teman-teman biasanya berkunjung ke perpustakaan daerah di kota kami yang letaknya kebetulan tak jauh dari sekolah kami. Beramai-ramai langkah kecil kaki kami, menuju ke tempat itu. Mungkin, sejak saat itu saya memiliki apa yang mereka bilang chemistry dengan tempat itu. Seingat saya, perpustakaan itu di penuhi beragam banyak buku. Namun, karena usia kami saat itu terbilang anak-anak, jadi ruang baca yang sering kami kunjungi adalah ruang baca khusus  untuk anak-anak. Saya dan temen-temen mencari buku bacaan yang lebih banyak gambarnya daripada bacaannya, hehehhee...Itu sebuah kenangan manis yang tak terlupakan, beruntung sejak usia dini saya dan temen-temen berkesempatan mengenal apa yang di sebut perpustakaan. 

Nahh, karena sekarang status saya mahasiwa baru di Universitas Airlangga Surabaya, penasaran dengan perpustakaan kampus tercinta saya ini. Akhirnya, di suatu hari sepulang kuliah, berkunjunglah saya ke tempat itu sendirian. Dilihat dari bangunan luarnya, perpustakaan ini merupakan tempat yang menarik. Bangunannya besar, lantai 3 dengan desingn interior yang saya jamin bikin betah untuk berlama-lama disana. Apalagi di tengah-tengah panasnya kota Surabaya. Secara, di dalam perpustakaan adem luar biasa. Hehehehehhe

Tampak depan

Pertama kali kesini, kaget bukan main...kok ada yah, perpus senyaman ini...Hehehehhe...
Untuk bisa masuk ke dalam, harus menggunakan kartu mahasiwa sistem barkot Infra red, selanjutnya kita di berikan fasilitas loker untuk penitipan tas lengkap dengan kuncinya. Nah, persyaratan untuk mendapatkan kunci loker adalah dengan menitipkan KTP. Sistem ini dipakai untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan...

Loket Peminjaman Buku

 Layanan e-Library

Dilantai 1 (dasar) terdapat pusat informasi, loket peminjaman, ruang baca untuk mahasiwa S1 dan layanan e-Library. Fasilitasnya lengkap kan ??
Ada papan informasi yang berisi tentang event-event  ter update tiap bulan dan minggunya.
Di tengah-tengah ruangan terdapat TV lengkap dengan sofanya, yang biasa di gunakan bagi temen-temen yang ingin menonton siaran berita. 
Gak cuman itu, tersedia juga rak khusus untuk buku-buku terbaru yang di pamerkan dan hanya bisa di baca disekitar lingkungan rak itu. 
Gak usah khawatir kalau ada barang temen-temen yang ketinggalan, karena tersedia lemari khusus tempat penyimpanan barang-barang temuan, dan temen-temen bisa konfirmasi sama pustakawannya jika di lemari itu terdapat barang temen-temen yang ketinggalan. Asikk kan ???
Ruangan di jamin full AC...

 Ruang Baca Khusus Untuk Mahasiswa S2 dan S3 di lantai 2

Rak Buku

Nah, di lantai 2 terdapat ruangan baca khusus untuk mahasiwa S2 dan S3. 
Rak buku tersusun rapi lengkap dengan nomer katalognya dan berdasarkan bidang ke ilmuannya...
Luar biasa, adem ayemm betah deh diruangan ini...
Suasananya tenang tapi tidak menakutkan, enak di huni buat belajar...
Oh iyah, ada ruangan khusus penyimpanannya skripsi dan desertasi...
Kalau mau membaca skripsi dan desertasi harus mengisi formulirnya dengan mencantumkan nomer skripsi atau desertasi yang dapat di lihat melalui program komputer sesuai dengan judul yang di inginkan...

Suasana Ruang Baca

Rak Bukunya, Rapi Kan ???

Nah, di lantai 3 tempat koleksi buku-buku secara umum...
Tiap rak punya daftar katalog masing-masing, dan tiap buku memiliki nomer masing-masing..di susun berdasarkan jenis bukunya...
Di ruangan ini juga terdapat ruang khusus yang di namakan American Corner dan Psikologi Corner, berhubung saya belum masuk ke sana jadi kurang paham, isi buku-bukunya apa aja dan kenapa mesti di pisahin ??
Hehehehhehe
Ruangan full AC, ada tempat duduk sofa lengkap dengan mejanya serta rak untuk koran hari ini :)

Another place to hide
Begitulah aku menyebutnya, entah kenapa sejak pertama kali kesini, seperti pengen buat kembali ke perpustakaan ini...
Sejak S1, mungkin saya berdosa, hehehe karena menyalah gunakan fungsi perpustakaan. Jujur, waktu S1, saya penghuni perpus, tapi ke sana bukan buat baca, tapi buat molor...heheheheh
Karena, yang namanya perpustakaan buat saya adalah bukan hanya sekedar tempat gudangnya informasi, tapi tempat untuk melarikan diri, kabur dari kisah hidup yang terkadang tidak kita inginkan tapi mau tak mau harus dijalani..heheheheh

"I'm really sorry about that,
Tapi perpustakaan di hatiku adalah tempat persembunyian yang istimewa :)"

I'm In One Of Love Story From a Book




2 komentar:

catatanluckty mengatakan...

suka ama kalimat;
"Perpustakaan buat saya adalah bukan hanya sekedar tempat gudangnya informasi, tapi tempat untuk melarikan diri, kabur dari kisah hidup yang terkadang tidak kita inginkan tapi mau tak mau harus dijalani"

Makasih ya udah ikutan Library Giveaway ;)

Unknown mengatakan...

iyahhh sist..
sama-sama..
Seneng bisa meramaikan GAnya...
Kapan2 aku pengen juga bikin GA, tapi masih sibuk dengan aktivitas baru..masih penyesuaian..hehehehe